Beranda

Apakah aku harus bilang “Waw” dengan Kertas Tahan Air ^_^

Tinggalkan komentar

Ilmuwan di Istituto Italiano di Tecnologia (IIT), Italia, berhasil membuat kertas yang tahan air, bersifat magnetis, dan bebas bakteri tanpa mengubah sifat dasar kertas.
Proses teknologi nano yang digunakan memastikan bahwa kertas yang dihasilkan tetaplah seperti yang kita kenal, bisa ditulisi atau digambari, dimasukkan ke printer atau mesin fotokopi, atau dilipat-lipat menjadi prakarya.
Roberto Cingolani  AP photo

Dr. Roberto Cingolani yang mengepalai tim ilmuwan menjelaskan bahwa proses pengolahan kertas ini dilakukan dengan mengambil molekul tunggal (monomer) pada kertas. Kemudian dipasangkan dengan partikel nano sehingga terbentuk sebuah polimer yang kemudian disebarkan dalam cairan.

Senyawa akhir yang dihasilkan berupa matrik polimer yang berisi partikel-partikel nano. Proses teknologi nano ini, yaitu mencampur sejumlah monomer dengan berbagai tipe partikel nano, mendasari terciptanya bermacam-macam karakter saat diaplikasikan pada kertas.
Contoh serat kertas fluorescent (courtesy of IIT)
(courtesy of IIT)
(courtesy of IIT)

Jika partikel nano berupa besi oksida ditambahkan ke matrik polimer, maka akan dihasilkan kertas magnetik; sementara partikel nano perak akan menghasilkan kertas bebas bakteri. Proses yang sama juga bisa diterapkan untuk menghasilkan kertas tahan air, kertas yang mampu membersihkan diri sendiri atau kertas yang dapat bersinar dalam gelap (fluoresensi).

Senyawa yang dihasilkan kemudian diinjeksikan ke kertas atau bisa juga ke material lain seperti kain. Pengaplikasiannya dilakukan dengan cara digulung atau dicelup. Tapi ingat, hasilnya bukanlah berupa kertas yang berlapis senyawa, melainkan selubung tiga dimensi lembut yang menyebar di tiap-tiap serat kertas.
“Kertas bebas bakteri dapat digunakan untuk mengemas makanan dan aplikasi medis,” kata Dr. Cingolani. “Kertas fluoresensi dan magnetis bisa digunakan untuk kepentingan keamanan dan catatan bank atau perlindungan mata uang atau dokumen penting lainnya. Sementara kertas tahan air bisa digunakan untuk dokumen pusaka,” pungkasnya.Kalau peneliti Italia kabarnya berhasil menemukan kertas tahan air, bagaimana dengan yang satu ini?

AquaNotes Waterproof
Ide bisa datang dari mana saja. Bisa dari melihat referensi bagus, atau mungkin saja saat asik mandi. Repotnya ide yang datang di kamar mandi, kalau kita pelupa biasanya ide itu menguap setelah acara mandi selesai.

Nah, ide ini yang mendasari seorang Shower Thinker – demikian sang penemu ini ingin disebut, jelasnya lihat di myaquanotes.com, menciptakan notes tahan air. Notes ini dilengkapi pensil yang juga tahan air.

Dalam promosinya, produk notes plus pensil ini sangat ramah lingkungan. Bisa didaur ulang dan batang pensilnya terbuat dari kayu cedar yang pengelolaannya mengikuti syarat perlindungan lingkungan.

Aquanotes sudah diproduksi besar-besaran, harga jualnya sekitar  9.95 Dollar Amerika untuk notes berisi 40 lembar.

Tertarik membeli?

Mobil Terbang buatan VW ^_^

Tinggalkan komentar

Khayalan masa depan tentang mobil terbang (mengambang/mengapung) tanpa roda semakin mendekati kenyataan. Pabrikan Volkswagen (VW) bisa jadi merupakan produsen otomotif pertama yang menjawab impian tersebut.

Tahun 2011 lalu ada perlombaan desain “People’s Car Project” di Cina. Dari 119.000 rancangan yang masuk, mobil terbang. ….ah, tepatnya “mobil apung” terpilih dan video konsepnya ikut dipamerkan saat gelaran Beijing Auto Show.

Mobil ini dirancang dengan sistem elektromagentik, meluncur menggunakan emisi nol dan sensor khusus untuk menghindari tabrakan. Demikian publikasi theweek.com.
Sejujurnya, mobil apung ini baru sebatas konsep, belum diciptakan secara nyata. Namun, pihak VW cukup serius menanggapi dengan mulai mengerahkan peneliti mereka agar tak lama lagi bisa diproduksi besar-besaran.
Selamat datang masa depan!

New Idea: Lampu Kunang-kunang Ramah Lingkungan

Tinggalkan komentar

Kita telah belajar dari alam selama berabad-abad. Berbagai penemuan pun mayoritas terinspirasi dari segala ciptaan Tuhan yang ada. Manusia bisa membuat pesawat setelah mengamati burung, membuat kendaraan militer amphibi dengan belajar dari kodok, dan banyak lagi.
 Lampu kunang-kunang/gizmodo.com
Sekarang, kunang-kunang memberi ilham kepada para ilmuwan untuk membuat lampu yang tidak membutuhkan daya listrik sehingga lebih hemat energi. Ya, para peneliti di Universitas Syracuse, New York, berhasil menciptakan sumber cahaya buatan dari gabungan unsur biologis dan nonbiologis. Material biologis dalam hal ini adalah enzim milik serangga kunang-kunang.

Seperti kita ketahui, kunang-kunang adalah salah satu hewan bioluminescence terbaik yang dapat kita temukan di alam bebas. Cahaya yang mereka hasilkan adalah reaksi dari bercampurnya senyawa kimia luciferin dan enzim luciferase.

Nah, apa yang dilakukan oleh peneliti ini adalah menambahkan enzim luficerase kedalam permukaan sekumpulan nanorod (objek berukuran nano) yang terbuat dari material semikonduktor cadmium sulfide dan cadmiun seleneide. Nanorod-nanorod ini akan menyala ketika mereka terkena luciferin yang dalam percobaan ini berfungsi layaknya bahan bakar. Proses ini dinamakan dengan Bioluminescence Resonance Energy Transfer (BRET).

Dan lampu buatan ini juga mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan cahaya alaminya. Menurut peneliti, dengan memanipulasi ukuran nanorod, maka cahaya yang ditimbulkan juga bisa menjadi beraneka warna, tidak hanya satu warna seperti yang dapat dihasilkan oleh kunang-kunang.

Walaupun mereka belum menemukan bentuk pengaplikasian yang tepat untuk kebutuhan dunia nyata, namun mereka mengatakan lampu ini bisa saja digunakan untuk pengganti sumber cahaya lampu LED di masa yang akan datang.

Sumber:
idbite.com

Tertawa Berlebihan dapat Menyebabkan kematian !!

Tinggalkan komentar

Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan berdampak tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan ajal menjemput, termasuk tertawa.

Pada abad ketiga Sebelum Masehi, kegembiraan yang berakibat fatal pernah terjadi pada Chrysippus, seorang filsuf Yunani yang harus meregang nyawa setelah tertawa terpingkal-pingkal. Ia tertawa saat melihat keledainya yang mabuk setelah diberi minum wine. Namun akibatnya fatal, akibat tertawa berlebihan itu sang filsuf meninggal.

“Perasaan yang ektrem, entah itu kesedihan atau kebahagiaan, dapat mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk respons lari atau melawan ancaman di alam liar,” jelas Dr Martin Samuels, profesor neurologi di Harvard Medical School, seperti dilansir MSNBC.

Saat bergembira, otak akan melepaskan bahan kimia alami yaitu adrenalin, yang pada hewan besar dapat menjadi racun bagi berbagai organ, khususnya jantung.

Kondisi emosi yang sangat kuat, entah emosi yang negatif ataupun positif, akibatnya bisa membahayakan jantung. Pada kasus yang langka dapat menyebabkan irama jantung menjadi abnormal yang dapat berujung pada kematian.

Kematian ini biasanya disebabkan oleh sesak nafas atau gagal jantung. Dalam beberapa kasus, korban telah tertawa sepanjang malam, dan akhirnya meninggal pada hari berikutnya.

Jadi, hati-hati ya bagi yang mengalami gangguan jantung. Karena kebanyakan kasus mati tertawa menyerang orang-orang dengan penyakit tersebut.
Berikut contoh-contoh nyata lainnya kematian akibat tertawa berlebihan.
1. Zeuxis. 
Zeuxis adalah pelukis Yunani. Ia mentertawakan lukisan wanita yang baru saja diselesaikan. Kemudian karena tertawa terlalu berlebihan, akhirnya ia sesak napas dan mati.

2. Pietro Aretino
Mendengar cerita jorok dari saudara perempuannya, penulis dari Italia, Pietro Aretino, tertawa hingga terjungkal dari kursinya, kemudian ia kejang-kejang dan mati.

3. Fitzherbert

Malam bulan April 1872. Nyonya Fitzherbert, bersama teman-temannya yang berasal dari Northamptonshire pergi ke Drury Lane Theatre untuk menonton Beggar’s Opera.
Ketika seorang karakter bernama Polly melakukan adegan konyol, Nyonya Fitzherbert tertawa begitu keras hingga tidak bisa berhenti dan terpaksa dikeluarkan dari ruang teater. Satu minggu setelah malam itu, Nyonya Fitzherebert dikabarkan mati karena terserang histeria berkelanjutan.

4. Alex Mitchell
Paa 24 Maret 1975 Alex Mitchell mati tertawa saat menonton tayangan TV komedi The Goodies. Pada episode itu, muncul karakter yang berdandan khas orang Skotlandia dan bermain kungfu. Setelah 25 menit tertawa, Alex berhenti tertawa, kemudian merosot di sofa terkena serangan jantung. Istrinya yang mengetahui hal tersebut, mengirimkan surat pada Goodies karena telah membuat suaminya mati dalam kebahagiaan.

5. Ole Bentzen
audiolog asal Denmark, Ole Bentzen mati karena menertawakan film “A Fish Called Wanda”. Saat tertawa, detak jantungnya meningkat hingga 300 degupan per menit.

Wanita dengan nama terpanjang di Dunia : 161 Kata…. “Busettttt” !!!

Tinggalkan komentar

Wanita ini rasanya pemecah rekor nama terpanjang di dunia. Bayangkan saja, terdiri dari 161 kata.

Sebenarnya nama aslinya Dawn McManus. Usianya kini 41 tahun, berasal dari Hartlepool, Inggris. Setelah putranya meninggal, ia membuat yayasan Red Dream yang bertujuan mendukung para pemuda yang mengejar mimpi mereka berkarir di kesenian.

Foto: cloudfront.net
Demi menggalang dana, Dawn pun mengubah namanya menjadi…. ah, sebentar. Saya pun tertawa sendiri saat membaca namanya yang kini sangat panjang bak gerbong kereta berpuluh-puluh rangkai.

Ok, siap membacanya? Awas, jangan sampai pusing, ya 🙂

Red Wacky League Antlez Broke the Stereo Neon Tide Bring Back Honesty Coalition Feedback Hand of Aces Keep Going Captain Let’s Pretend Lost State of Dance Paper Taxis Lunar Road Up Down Strange All and I Neon Sheep Eve Hornby Faye Bradley AJ Wilde Michael Rice Dion Watts Matthew Appleyard John Ashurst Lauren Swales Zoe Angus Jaspreet Singh Emma Matthews Nicola Brown Leanne Pickering Victoria Davies Rachel Burnside Gil Parker Freya Watson Alisha Watts James Pearson Jacob Sotheran Darley Beth Lowery Jasmine Hewitt Chloe Gibson Molly Farquhar Lewis Murphy Abbie Coulson Nick Davies Harvey Parker Kyran Williamson Michael Anderson Bethany Murray Sophie Hamilton Amy Wilkins Emma Simpson Liam Wales Jacob Bartram Alex Hooks Rebecca Miller Caitlin Miller Sean McCloskey Dominic Parker Abbey Sharpe Elena Larkin Rebecca Simpson Nick Dixon Abbie Farrelly Liam Grieves Casey Smith Liam Downing Ben Wignall Elizabeth Hann Danielle Walker Lauren Glen James Johnson Ben Ervine Kate Burton James Hudson Daniel Mayes Matthew Kitching Josh Bennett Evolution Dreams.

Yayasan Red Dreams diambil dari kata “Red” — demikian panggilan wanita ini, dan “Dreams” merupakan nama keluarga (marga/fam). Sementara untuk nama tengah ada 159 hurup tersisa. Sesungguhnya nama yang ditulis oleh Red di atas adalah nama orang-orang yang telah dibantu oleh yayasan tersebut.

“Resminya saya bisa dipanggil Red, namun saya mengapresiasi orang-orang yang sulit menerima perubahan,” ujarnya. Ia mengakui, kadang kala suaminya ‘terpeleset’ dan memanggilnya dengan nama lama ‘Dawn’

Ok Dawn, oh maksudnya Red… selamat berkonfrontasi dengan pihak kelurahan ya saat ingin membuat KTP.

Sumber: mamusinsani

Samsung GALAXY Ace GT-S5830

Tinggalkan komentar

Samsung GALAXY Ace

Samsung GALAXY Ace GT-S5830

  • 3G – HSDPA 7,2
  • Full – touch Bar
  • 5MP Camera
  • Display HVGA (320 x 480)

Fitur Produk

Tampilkan Semua

Minimal Yet Sophisticated Design

Minimal Yet Sophisticated Design

GALAXY Ace hadir memikat dengan desain minimal namun dengan teknologi yang canggih. Dengan tepian bulat dan halus serta ramping, ukuran kompaknya memudahkan saat jari-jari Anda mengenggamnya, seperti hal layar besar nya yang berukuran 3,5 ” HVGA memberikan keceriaan saat melihatnya.

A Market with Limitless Fun

A Market with Limitless Fun

Dengan sekitar 100.000 aplikasi yang tersedia di Android Market, tidak ada kata habis bagi ponsel Anda. Nikmati permainan yang tak terhitung, utilitas, berita, kesehatan dan aplikasi keuangan yang akan terus bertambah setiap harinya. Kemampuan ruang lingkup GALAXY Ace adalah hampir tak terbatas!

Spesifikasi

Tampilkan Semua

Platform

  • Band 850/900/1800/1900 MHz
  • 3G Band 900/2100 MHz
  • HSDPA 7.2
  • Sistem Operasi Android 2.2
  • Browser Internet (Android)

Spesifikasi Fisik

  • Berat 113 g
  • Ukuran Handset 112.4 x 59.9 x 11.5 mm

Baterai

  • Kapasitas Standar Hingga 1350 mAh
  • 2G: Hingga 580 menit, 3G: Hingga 380 menit, Video Talk: Waktu Bicara 200 menit
  • 2G: Hingga 640 Jam, 3G: Baterai Standar Hingga 420 Jam

Desain

  • Perangkat Baris Full Touch

Layar

  • Layar TFT (Internal)
  • Resolusi Layar HVGA 320 x 480 (Internal)
  • Ukuran Layar 3.5″ (Internal)

Kamera

  • Kamera 5 Megapiksel
  • Zoom Digital 2x

Samsung S8530 GT-S8530

Tinggalkan komentar

Cellcom

  • Samsung bada OS
  • HSDPA 3.6
  • 3.7 inches Super clear LCD
  • Powerfull 1GHz processor

Fitur Produk

Tampilkan Semua

Oversized 3.7” SUPER Clear LCD

Oversized 3.7” SUPER Clear LCD

Lebih besar dan lebih baik. Wave II dengan ukuran layar 3.7″ SUPER Clear LCD menikmati permainan, video dan foto menjadi lebih menyenangkan dari sebelumnya. Dengan SUPER Clear LCD nikmati layar yang lebih terang dan layar minim pantulan dibandingkan dengan LCD TFT biasa.

Improved Input Method

Improved Input Method

Wave II dilengkapi dengan fitur canggih seperti t9 Trace input, yang memungkinkan Anda mengetikkan data hanya dengan menggerakkan jari Anda secara kontinyu diatas huruf membentuk sebuah kata bukan mengetiknya satu-persatu. Dengan t9 Trace Anda dapat mengetikkan data lebih cepat dibandiingkan cara konvensional.

Spesifikasi

Tampilkan Semua

Platform

  • Band 850/900/1.800/1.900MHz
  • Tersedia GPRS
  • Tersedia EDGE
  • Tersedia 3 G
  • OS Samsung bada
  • Platform MIDP2,1

Layar

  • Resolusi Layar WVGA 480 x 800 (Internal)

Kamera

  • Zoom Digital 4x
  • Mendukung Auto Focus

Desain

  • Perangkat Baris Full Touch

Baterai

  • Digital / Optical Zoom

Samsung GALAXY SII GT-I9100

Tinggalkan komentar

Samsung GALAXY SII GT-I9100

cell com

Fitur Produk

Tampilkan Semua

4,27'' SUPER AMOLED Plus

4,27” SUPER AMOLED Plus

Ekspresikan warna Anda! dengan layar cemerlang menampilkan warna terbaik, rasio kontras tinggi serta ketajaman gambar yang hebat. Terobosan pengurangan waktu respon video menghasikan pemutaran video tanpa blur. Teknologi baru ini menghemat ruang dan daya serta konsumsi energi kurang dari 18% dari tampilan sebelumnya, menjadikannya salah satu smartphone tertipis dan tahan lebih lama.

Dual Core Application Processor

Dual Core Application Processor

Samsung Dual Core Application Processor adalah jawaban ultra responsif bagi performansi mobile yang menyediakan kecepatan multitasking tinggi, loading halaman web yang cepat, kecepatan respon cepat, UI yang lebih halus, mengedit gambar dengan cepat dan performa game yang tinggi. Dengan kemampuan encoding / decoding yang cepat mampu mendukung semua video (1080p / 30fps). Streaming video atau musik dengan lancar berkat koneksi wireless super cepat 21Mbps HSPA+*. Daya komputasi yang mengagumkan dan kinerja yang luar biasa.

*Tergantung ketersediaan jaringan, kecepatan dapat bervariasi.

Spesifikasi

Tampilkan Semua

Platform

  • Band 850/900/1.800/1.900MHz
  • 3G Band 850/900/1.900/2.100MHz
  • Browser Internet (Android)

Desain

  • Perangkat Baris Full Touch

Layar

  • Resolusi Layar 800 x 480 (Eksternal)
  • Ukuran Layar 4,27″ (Eksternal)
  • Layar Berwarna berkedalaman 16M (Eksternal)

Kamera

  • Kamera 8 Megapiksel

Ketersediaan Regional

  • Ketersediaan global

Spesifikasi Fisik

  • Berat 116g
  • Ukuran Handset 66,1 x 125,3 x 8,49mm

Baterai

  • Kapasitas Standar Hingga 1.650mAh

Samsung GALAXY Note GT-N7000

Tinggalkan komentar

Cell Com

SAMSUNG GALAXY NOTE

Price. Rp 6,5 Juta (Ready) di Cell Com Pangkalan Bun

Spesifikasi

Tampilkan Semua

Platform

  • 850/900/1.800/1.900
  • 850/900/1.900/2.100
  • 850/900/1.800/1.900
  • 850/900/1.800/1.900
  • HSPA+ 21Mbps
  • Android 2.3 (Gingerbread)
  • Android Browser

CPU

  • ARM cortex A9
  • Dual 1,4GHz

Desain

  • Full Touch

Display

  • 5.29″ WXGA HD sAMOLED
  • 800 x 1280
  • 5,29″
  • 16 Million Internal Color Depth

Ketersediaan Regional

  • Global

Spesifikasi Fisik

  • 178g

Fitur Produk

Tampilkan Semua

5,3” large screen + Light & thin design

Sekarang Anda dapat menikmati gambar di layar yang lebih besar, gadet yang lebih tipis dan ringan dan melakukan lebih banyak hal saat Anda dalam perjalanan.

5,3” large screen + Light & thin design

The 1st HD Super AMOLED

Kualitas layar HD (1280 x 800) Super AMOLED memberikan Anda pengalaman menonton yang jelas dan tajam dimana dan kapan saja.

The 1st HD Super AMOLED

Euro 2012 Spanyol 1 vs Kroasia 0

Tinggalkan komentar

highlights hasil pertandingan Euro tadi malam, 19 Juni 2012, Hasil Spanyol vs Kroasia berakhir dengan skor 1-0.
Spanyol lolos ke pemempat final setelah menang tips dari Kroasia, di pertandingan krusial Spanyol vs Kroasia. Gol untuk spanyol dicetak oleh Navas di menit ke 88.

cell com

Kroasia dan Spanyol harus saling jegal, atau seperti yang sempat dikhawatirkan Italia, saling bantu di matchday 3 Grup C Euro 2012. Pertandingan ini dilangsungkan di Gdansk Arena, Selasa (19/6).

Mendominasi dari awal hingga akhir, Spanyolbaru mampu menjebol gawang Kroasia dua menit menjelang waktu normal habis. Jesus Navas yang bermain sebagai pemain pengganti berhasil mencetak satu-satunya gol di laga ini.

Kroasia secara umum tampil bagus meski terus dikepung serangan-serangan Spanyol. Mereka bertahan dengan baik dan mampu melakukan serangan balik cepat yang sempat memaksa Iker Casillas pontang-panting mengamankan gawangnya.  Namun akhirnya Spanyol berhasil membuktikan bahwa kedua tim berada di level yang berbeda.

Tim Matador punya banyak peluang bagus. Di babak pertama, David Silva berkali-kali melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan. Sayang bagi Spanyol, penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal mengoyak gawang Pletikosa.

Kroasia banyak mengancam lewat serangan-serangan balik cepat lewat sisi sayap. Kroasia sepertinya ingin memaksimalkan kelebihan mereka di udara dengan beberapa kali mencoba mengirim umpan silang.

Sempat terjadi kontroversi di menit 26. Mandzukic yang bersiap melakukan tembakan ditekel dari belakjang oleh Sergio Ramos. Ramos memang mendapat bola, tapi ia juga menghajar kaki Mandzukic. Selain itu, kaki Ramos juga terlihat terlalu tinggi.

Wasit memutuskan bahwa itu bukanlah pelanggaran, dan hanya menghadiahkan sepak pojok kepada Kroasia.

Hingga babak pertama usai, kedua tim masih belum ampu mencetak gol.

Sadar butuh kemenangan, Slaven Bilic mulai melakukan pergantian pemain. Bilic memasukkan 3 penyerang di babak kedua. Berturut-turut, Jelavic dan Eduardo masuk menemani Mandzukic.

Serangan Kroasia yang sporadis memang nampak lebih berbahaya, terutama lewat bola-bola atas. Beberapa kali Casillas dipaksa melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan-tembakan pemain Kroasia. Luka Modric mulai terlihat kreatif di babak kedua dengan mengirm umpan-umpan penting bagi Kroasia.

Vicente Del Bosque merespon pergantian lawan dengan menarik keluarFernando Torres dan menggantikannya dengan Jesus Navas.

Ternyata pergantian ini terbukti efektif karena Navas mampu memecahkan kebuntuan dua menit menjelang waktu normal usai. Iniesta yang lepas dari jebakan offside menerima umpan manis dari Cesc Fabregas. menyingkirkan ego, Iniesta mengirim bola untuk Jesus Navas yang berdiri lebih bebas.

Selesai sudah perjuangan Kroasia karena, di laga lain, Italia menang atas Irlandia dengan skor 2-0. Spanyol berhak lolos dengan predikat juara Grup C. Italia menjadi runner up, dan Kroasia harus tersingkir karena hanya menghuni peringkat tiga.

Susunan pemain Kroasia: Pletikosa, Strinić, Ćorluka, Schildenfeld, Vida (Jelavic 66′), Pranjić (Perisic 65′), Rakitić, Vukojević (Eduardo 81′), Modrić, Srna, Mandžukić.

Susunan pemain Spanyol: Casillas, Piqué, Ramos, Arbeloa, Alba, Iniesta, Xavi (Negredo 89′), Alonso, Busquets, Silva (Fabregas 73′), Torres (Navas 61′).

Statistik Kroasia – Spanyol
Penguasaan bola: 28% – 72%
Shot (on goal): 7 (3) – 15 (8)
Corner: 4 – 11
Pelanggaran: 21 – 16
Offside: 0 – 1
Kartu kuning: 6 – 0
Kartu merah: 0 – 0
Penyelamatan: 7 – 3

Pencetak gol: Navas (88′)

Kartu kuning: Corluka (27′), Srna (44′), Strinic (53′), Mandzukic (89′), Jelavic (90′), Rakitic (90′) (bola/hsw)

Older Entries