Timnas U-14 Akhiri Dengan Manis Festival di Jepang

Timnas U-14 Indonesia menutup perjuangannya dalam menimba ilmu di ajang Youth Football Festival U-14 J-Green Sakai, Osaka, Jepang dengan manis.

Di dua laga terakhir, Garuda Muda menorehkan satu kemenangan dan satu hasil seri. Di laga pertama yang digelar pagi waktu setempat, Indonesia berhasil menundukkan Singapura dengan skor tipis 1-0.

Gol tim arahan Zainal Abidin tersebut, dicetak striker haus gol asal Papua, Ricardo Walilawang di menit ke-20 babak ke dua.

Kepada Bola.net Zainal menceritakan, gol tersebut terjadi setelah adanya pelanggaran di luar kotak penalti.

Pertandingan dilakukan dalam kondisi cuaca yang kurang baik, hujan disertai angin kencang dan udara dingin yang menusuk. Bahkan, disambungnya, suhu udara pada saat timnya bermain, mencapai 16°C.

“Sepakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Ricardo sebetulnya gagal, namun bola tidak dapat diamankan penjaga gawang Singapura dengan baik. Sontak, bola liar tersebut, disambar ulang oleh Ricardo dan berhasil menjadi gol,” terangnya.

Di laga kedua, Indonesia tetap tampil memukau, tim Malaysia dibuat kewalahan dengan serangan-serangan cepat yang diperagakan Jujun Saepulloh dan kawan-kawan.

Bahkan, di babak pertama Indonesia mampu unggul melalui dua gol dariRicardo Walilawang. Gol pertama melalui free kick cantik pemain yang telah mengoleksi enam gol tersebut.

Kemudian, gol kedua Ricardo memanfaatkan free kick Habel Kevin dari sisi kiri pertahanan Malaysia, bola yang diarahkan ke kotak penalti mampu dikontrol dada dengan baik oleh Ricardo kemudian dengan sekali tendang, bola merobek jala Malaysia.

Di babak kedua, hujan deras dan suhu yang mencapai 15°C serta permainan Malaysia yang memainkan bola-bola panjang membuat Garuda Muda kedodoran.

Alhasil, dua gol berhasil dicetak oleh tim Harimau Malaya Muda tersebut.

Hingga babak kedua berakhir, Indonesia tak mampu kembali mencetak gol, begitu juga Malaysia. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-2.

Dengan hasil ini Indonesia menempati peringkat kedua dengan 11 poin hasil dari tiga kali kemenangan dan dua kali hasil seri. Di peringkat pertama diisi tuan rumah Jepang dengan 13 poin.

Ricardo Walilawang menjadi pencetak gol terbanyak Indonesia dengan 7 gol, diikuti duetnya Sanjen Prakash 2 gol, Aldo dan Handika Bhayangkara 1 gol.

No Negara M M S K P
1 Jepang 5 4 1 0 13
2 Indonesia 5 3 2 0 11
3 Filipina 5 2 1 2 7
4 Malaysia 5 1 2 2 5
5 Singapura 5 1 1 3 4
6 Brunei D 5 0 0 5 0